Cegah Bunuh Diri, Facebook Sediakan Fitur Konseling


(Ist)

Jakarta - Sebuah inisiatif baru dilakukan Facebook untuk mencegah jatuh korban akibat perilaku bunuh diri. Yakni dengan menyediakan akses langsung untuk melakukan konseling.

Baru tersedia di Amerika Serikat, layanan ini memudahkan pengguna Facebook yang tengah depresi meminta bantuan petugas konseling dari organisasi National Suicide Prevention untuk berkonsultasi.

Dikutip detikINET dari Telegraph, Rabu (14/12/2011), percakapan bisa langsung dilakukan melalui aplikasi instant messenger Facebook. Ini adalah pertama kalinya seseorang bisa berbicara langsung dengan petugas konseling melalui Facebook.

Jejaring sosial populer ini pun mencantumkan nomor telepon atau alamat email sebuah lembaga atau organisasi yang bisa dihubungi ketika seseorang sedang merasa tertekan.

Pengguna Facebook yang mengetahui postingan temannya yang menunjukkan indikasi perilaku bunuh diri pun bisa melapor ke Facebook dengan mengklik sebuah link dekat kolom komentar.

Selanjutnya, perwakilan Facebook akan mengirim email ke orang yang dimaksud dan mendorong mereka menelepon petugas konseling atau mengklik sebuah link untuk melakukan konsultasi.

"Tujuan utama inisiatif ini adalah agar mereka yang sedang mengalami stres mendapatkan pertolongan secepatnya," kata Fred Wolens selaku Manager Public Policy Facebook.

Diadakannya layanan konseling ini merupakan respons Facebook atas meningkatnya sejumlah indikasi perilaku bunuh diri yang muncul di situsnya. Sebelum melakukan bunuh diri, pelaku umumnya memposting catatan, update status atau gambar yang menunjukkan mereka tengah putus asa dan mengalami depresi.

Salah satu contohnya, bulan lalu seorang pria asal Pittsburgh, AS memposting note atau catatan Facebook sebelum membunuh istrinya, mertuanya lalu kemudian dirinya sendiri.

Source

0 comments:

Post a Comment

Tukar Link Otomatis

Sangpecinta: www.facebook.com/anti.wahabi ::: Santun Menyejukkan:::

video

no video list

Posting Terbaru

Menu Blog

Arsip Blog

Top Comments