5 Barang Jadul Apple yang Berharga Miliaran

Apple by Andy Warhol (Mashable)



Jakarta - Melihat betapa ikoniknya brand Apple, tak heran apabila barang-barang yang berbau Apple diburu oleh para pecintanya, tak terkecuali barang-barang jadul berikut. Sejumlah orang pun dilaporkan rela menggelontorkan uang hingga miliaran rupiah demi mendapatkan item bersejarah ini:

1. Dokumen Kerjasama Pendiri Apple
Dokumen ini adalah bukti awal sejarah berdirinya Apple. Lembaran lembaran kertasnya berisi tanda tangan dari 3 pendiri Apple yakni Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald Wayne.

Dokumen yang ditandatangani pada 1 April 1976 salah satunya bertajuk 'Apple Computer Company Partnership Agreement'.

Ia ditawarkan oleh rumah lelang Sotheby di New York. Adalah seorang pria bernama Eduardo Cisneros, chief executive dari Cisneros Corporation yang membeli dokumen-dokumen tersebut dengan harga selangit.

Tidak tanggung-tanggung, Cisneros menggelontorkan uang sebesar USD 1.594.500 atau sekitar Rp 14 miliar (USD1=Rp 9.060) untuk memiliki dokumen tersebut.

2. Plang Pertama Apple
Ini adalah plang pertama yang dibuat Apple untuk mempromosikan Apple Computer di tahun 1976. Plang ini juga sempat menghiasi markas besar pertama mereka di Cupertino.

Soerang pegawai Apple bernama M. Thomas Ligett, Jr. kala itu mengamankannya dari tangan-tangan usil. Dikutip detikINET dari Mashable, Rabu (14/12/2011), plang ini kemudian terjual seharga USD 18.000 di tahun 2008.

3. Apple I
Kolektor dari Italia rela membayar USD 212.200 atau hampir Rp 2 miliar untuk komputer pertama yang diciptakan Apple pada tahun 1976. Meskipun perangkat di dalamnya bisa dibilang usang, namun mesin handmade yang dimiliki piranti tersebut dinilai bernilai historis.

4. Toolbox Milik Steve Wozniak
Ia dijuluki "Toolbox yang membangun Apple Computer" oleh rumah lelang yang menawarkannya. Kotak berwarna biru milik co-founder Apple Steve Wozniak ini dulunya diberikan pada pegawai Apple M. Thomas Ligget, Jr. Toolbox yang sudah berkarat ini akhirnya terjual seharga USD 7.000 di tahun 2008.

5. Logo Apple Karya Andy Warhol
Logo ikonik Apple hasil tangan artis Andy Warhol sukses terjual USD 26.000 di tahun 2009. Logo Apple klasik dengan warna pelangi yang dicetak ini menarik perhatian para penggemar Warhol pun juga fans Apple.

0 comments:

Post a Comment

Tukar Link Otomatis

Sangpecinta: www.facebook.com/anti.wahabi ::: Santun Menyejukkan:::

video

no video list

Posting Terbaru

Menu Blog

Arsip Blog

Top Comments