Thariqah akan Gelar Muktamar Desember 2011

Pekalongan, NU Online
Jam'iyyah Ahlit Thariaqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (Jatman) akan menggelar Muktamar ke 11 tanggal 14 - 18 Desember 2011 yang akan berlangsung di Pondok Pesantren Al Munawariyah, Jalan Sudimoro 9, Kabupaten Malang Jawa Timur dengan agenda utama Laporan pertanggungjawaban (LPJ) pengurus, sidang komisi yang meliputi masail thoriqiyah, organisasi dan rekomendasi. Kemudian agenda terakhir ialah pemilihan pengurus periode 2011 - 2016.

Muktamar yang berlangsung di kota apel ini akan dihadiri tidak kurang dari 5.225 peserta dari 25 idaroh wustho / propinsi dengan masing masing mengirimkan 15 delegasi dan 485 idaroh syu'biyah / cabang masing masing mengirimkan 10 utusan.

Penanggung jawab muktamar, KH Masroni kepada NU Online mengatakan, secara tehnis persiapan muktamar thariqah telah selesai diantaranya ialah pembahasan draft materi muktamar, LPJ dan undangan ke seluruh peserta di 25 propinsi.

Dikatakan, pemilihan Malang sebagai tempat muktamar thariqah di samping tempatnya cukup mudah dijangkau oleh seluruh peserta muktamar dan sejak 10 tahun terakhir perkembangan thariqah di Malang cukup bagus, juga karena usulan dari berbagai daerah. Meski banyak usulan dari idaroh wustho agar muktamar di gelar kembali di Pekalongan.

"Banyak yang menginginkan muktamar thariqah di gelar lagi di Pekalongan, namun dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Malang ditunjuk sebagai tuan rumah perhelatan muktamar," ujar Masroni.

Di samping kegiatan utama berupa sidang sidang pleno dan komisi, pihak panitia juga akan menggelar kegiatan tambahan berupa bazar dan gebyar merah putih berupa kirab bendera merah putih dan thariqah dengan start Tugu Pahlawan Surabaya dan finish Ponpes Al Munawariyah tempat dihelatnya Muktamar Thariqah yang akan diikuti TNI, polri dan ribuan santri.

Kegiatan gebyar merah putih ini menurut Masroni diharapkan mampu mempererat persaudaraan antara TNI, Polri dan masyarakat dalam menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Hal ini penting dilakukan, mengingat akhir akhir ini ada beberapa pihak yang tidak rela NKRI tetap utuh, sehingga tekad bulat dan kebersamaan antar berbagai elemen terus digelorakan agar tetap kompak dan bersatu menjaga NKRI.

Hal ini sejalan dengan sikap Nahdlatul Ulama bahwa NKRI adalah final. Jika ada pihak pihak yang akan mengganggu dan mengusik NKRI, maka thariqah akan berada di barisan terdepan membela NKRI, ujar Masroni kiai asal Kabupaten Demak ini.

source : http://nu.or.id/page/id/dinamic_detil/1/34970/Warta/Thariqah_akan_Gelar_Muktamar_Desember_2011.html

0 comments:

Post a Comment

Tukar Link Otomatis

Sangpecinta: www.facebook.com/anti.wahabi ::: Santun Menyejukkan:::

video

no video list

Posting Terbaru

Menu Blog

Arsip Blog

Top Comments