Pelajar NU harus Jihad Ilmu dan Teknologi

Kudus,NU Online
Mustasyar PCNU Kudus KH Muslim A Kadir mengatakan untuk mengentaskan problem bangsa Indonesia seperti kemiskinan, kebodohan, korupsi, dan tindak kekerasan dan sejenisnya dibutuhkan langkah jihad ilmu dan teknologi (iptek) berbasis ketuhanan.

“Upaya jihad iptek ini harus dilakukan pelajar NU guna menakar eksistensinya dalam mengawal kelangsungan bangsa demi mewujudkan generasi berkarakter,” tegas KH. Muslim Kadir dalam acara Konperensi Cabang IPNU-IPPNU kabupaten Kudus, di MA NU Miftahul Falah Cendono, Jum’at malam (25/11).

Di depan peserta Koncab, KH Muslim menegaskan jihad merupakan upaya ekstra untuk memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah mendesak yang sedang dihadapi umat.

“Termasuk pula Iptek berbasis ketuhanan dirumuskan berdasarkan ketuhanan islam sehingga menjadi ilmu dan teknologi islam.”tandasnya

Menurut Muslim, Ilmu dan teknologi islam meliputi seluruh aspek kehidupan baik agama atau umum, fenomena alam ( IPA ) atau Sosial (IPS). Sementara kerangka dasarnya adalah ilmu terapan bersumber Al-Qur’an Hadis.

“IPA dan IPS berketuhanan merupakan ilmu dan teknologi yang paling sesuai dengan karakter kebangsaan Indonesia, dan sekaligus peluang emas bagi IPNU dan IPPNU,”ungkapnya lagi.

Dalam konteks jihad, IPA dan IPS berketuhanan merupakan produk pengembangan keilmuan yang menyentuh kerangka dasar dan struktur kurikulum.

“Melalui Iptek ini, pelajar dan santri akan mampu bersaing di pasar kerja dan memiliki keunggulan dibanding lainnya.Tentu saja, pelajar dan santri perlu meningkatkan frekuensi dan intensitas pembelajaranya,” pungkasanya.

source : http://nu.or.id/page/id/dinamic_detil/1/34978/Warta/Pelajar_NU_harus_Jihad_Ilmu_dan_Teknologi_.html

0 comments:

Post a Comment

Tukar Link Otomatis

Sangpecinta: www.facebook.com/anti.wahabi ::: Santun Menyejukkan:::

video

no video list

Labels

Posting Terbaru

Menu Blog

Arsip Blog

Top Comments