Makam Mbah Wahab Hasbullah Menebar Bau Harum

JOMBANG- Fenomena masih utuhnya jasad dan kain Kafan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ternyata juga pernah dialami oleh tokoh pendiri Nahdatul Ulama (NU), KH Wahab Chasbulloh.

Makam Mbah Wahab di Dusun Gedang, Desa Tambakrejo, Kecamatan Jombang itu pernah menebar bau harum. Tepatnya 15 hari setelah pemakaman.

Hal itu diceritakan oleh Toha Maksum, Mantan Sekretaris I Pengurus Cabang Nahdotul Ulama (PCNU) Kota Surabaya ketika berziarah ke makam Gus Dur di Ponpes Tebuireng. Toha mengaku, kejadian itu ketika dirinya masih ‘nyantri’ di Ponpes Tambakberas. Saat itu makam Mbah wahab ambles. Meski sudah 15 hari terkubur kain kafannya tetap utuh. Anehnya, waktu itu makam Mbah Wahab menebarkan bau harum.

“Hanya saja, waktu itu tak banyak yang tahu hanya tiga orang santri. Saya dan dua santri lainnya. Setelah mengetahui hal itu ia kemudian melaporkan ke keluarga pondok dan langsung menutupi makam Mbah Wahab,” kata Toha, Sabtu (19/2/2011).

Menanggapi fenomena jasad dan kain kafan Gus Dur masih utuh, pria asal Benowo, Surabaya itu mengaku sempat takjub. Namun dengan melihat sepak terjang Gus Dur semasa hidup dan yang disebut sebagai seorang Walliyulloh tentunya bisa diyakini kebenarannya. Toha sendiri merupakan salah satu dari jutaan pengagum mantan Presiden RI ke IV itu.

Ia menceritakan, kekagumannya dibuktikan ketika Gus Dur dilengserkan dari kursi Presiden pada 2001 silam. Saat itu ia nekad berangkat ke Jakarta untuk membela tokoh yang dikaguminya. Toha tak rela Gus Dur dilengserkan. Sementara kedatangannya ke Makam Gus Dur kali ini karena penasaran dengan kabar tersebut.

“Alhamdulillah, sampai di Tebuireng amblesnya makam Gus Dur sudah diperbaiki. Rencananya sore ini saya langsung balik ke Surabaya,” tambah Ma’sun.

http://news.okezone.com/read/2011/02/19/340/426502/makam-pendiri-nu-juga-pernah-menebar-bau-harum

0 comments:

Post a Comment

Tukar Link Otomatis

Sangpecinta: www.facebook.com/anti.wahabi ::: Santun Menyejukkan:::

video

no video list

Posting Terbaru

Menu Blog

Arsip Blog

Top Comments